Rabu, 19 Desember 2012

Pidato "Teror Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Manusia, Keuangan dan Alam"

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan selamat sore.
Dosen Yang saya hormati dan teman-teman sekalian yang saya sayangi.  Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas pemeliharaannya dan lindungannya sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat.Terimakasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya saat ini untuk menyampaikan pidato singkat. Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Untuk itu sebelum saya bicara panjang lebar, Pertama saya akan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama saya Lanny Yolistina lameanda, Alamat saya Jl. KH. Agus Salim Kelurahan Bantaya.
Pidato saya saat ini yaitu mengenai  “Teror Bahaya Rokok Bagi Kesehatan manusia, Keuangan dan Alam

Masyarakat Indonesia saat ini telah banyak mengkonsumsi rokok. Merokok telah menjadi budaya atau kebiasaan sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Dari kalangan Orang Dewasa baik laki-laki maupun perempuan. hal ini bahkan telah merambah sampai pada pelajar baik Mahasiswa, SMA, SMP dan juga anak SD. Di dalam masyarakat telah terbentuk pola pikir yaitu dengan merokok kaum laki-laki dianggap gaul atau gentlemen. Padahal sebaliknya bukan gaul atau gentlemen yang diperoleh tetapi hanya banyaknya bahaya merokok yang dapat berujung pada kematian yang akan kita peroleh nantinya.  Buat apa gelar gaul atau gentlemen kita sandang tetapi dilain pihak tubuh kita telah dihuni zat-zat berbahaya yang mengakibatkan penyakit yang berbahaya pula.

Saya rasa kita semua sudah mengetahui akan bahaya dari merokok sebab dalam setiap bungkus / kemasaan rokok telah tercantum dengan jelas bahaya dari merokok begitupun di iklan-iklan yang ditayangkan di media selalu tercantum bahaya dari merokok walaupun hanya sekilas. akan tetapi dengan adanya peringatan tersebut tetap saja masih banyak yang merokok, seakan menutup mata akan peringatan yang menakutkan itu. Dimulai dari yang awalnya sekedar coba-coba dan lama kelamaan menimbulkan ketergantungan yang sulit untuk berhenti/melepaskan diri dari merokok. Dalam Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita. Di antaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia),  racun serangga (DDT), serta masih banyak lagi. Dan zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen, tar dan asap rokok merangsang jalan nafas dan tar tersebut tertimbun disaluran nafas yang menyebabkan batuk-batuk atau sesak nafas. Tar yang menempel dijalan nafas menyebabkan kanker jalan nafas, lidah atau bibir.Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merangsang bangkitnya hormone adrenalin yang menyebabkan jantung berdebar-debar dan meningkatkan tekanan darah serta kadar kolestrol dalam darah yang erat dengan terjadinya serangan jantung. Pembakaran kurang sempurna pada rokok yang membara menghasilkan karbon monoksida(CO).  darah orang yang banyak kemasukan CO  akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon monoksida.

Di dalam merokok ada yang disebut dengan perokok aktif dan perokok pasif. Apa itu perokok aktif dan pasif? Perokok aktif adalah perokok/orang yang secara langsung mengisap  rokok sedangkan perokok pasif adalah orang2 disekitar perokok aktif yang menghirup/mengisap asap rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang merokok.
Apa bahayanya bagi perokok aktif? Bahaya yang ditimbulkan adalah kanker jantung/paru-paru, bronchitis, kanker pundi kencing, kanker perut, kanker Rahim, stroke, osteoporosis, kemandulan, monopause dini, melahirkan bayi yang cacat, keguguran bayi, penyakit gusi, dan masih banyak lainnya. Apa bahaya bagi perokok pasif?  Zat yang terkandung dalam asap rokok yang dihisap perokok pasif adalah 2x lebih banyak nikotin, 5x lebih banyak karbon monoksida, 3x lebih banyak tar dan 50x lebih banyak zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Bahaya asap rokok terhadap bayi : masalah dan penyakit pernafasan, mengganggu terhadap perkembangan kecerdasan, leukemia, dan lain sebagainya. Bagi ibu hamil dan janin dikandungannya : keguguran janin, kematian janin dalam kandungan, pendarahan dari placenta.Penyakit yang timbul bagi perokok pasif diantaranya : meningkatkan resiko kanker paru-paru dan jantung, masalah pernafasan, radang paru-paru dan bronchitis, bersin dan batuk-batuk, sakit kerongkongan dan sakit kepala.

Selain berbahaya buat kesehatan manusia, rokok juga dapat menyebabkan kantong kering. Mengapa? Rokok adalah barang yang mahal. Tidak ada rokok yang gratis. Harga rokok saat ini adalah 7-10 ribu rupiah atau lebih untuk 1 bungkus. Dapat kalian hitung para pelajar atau perokok yang mengeluarkan uang untuk membeli sebungkus rokok setiap hari, jika dikalkulasikan setiap minggu, setiap bulan dan setiap tahun? Jika 1 hari membeli rokok adalah 8 ribu, dalam 1 minggu para perokok mengeluarkan uang 56ribu rupiah, dalam 1 bulan 240ribu dan dalam 1 tahun 2.880.000. coba kalian pikirkan uang sebegitu banyak dikeluarkan hanya untuk membeli rokok yang sama sekali tidak memberi keuntungan bagi diri. Ini menjadi  salah satu penyebab dari krisisnya ekonomi di dalam suatu rumah tangga.

Bukan hanya itu saja bahaya rokok.. asap yang dihasilkan dari rokok dapat menyebabkan polusi udara yang tentunya berdampak bagi kehidupan makhluk dimuka bumi, dan hal ini dapat memacu terjadinya global warming.

Dari sekian banyak yang telah saya paparkan tadi, sama sekali kita tidak menemukan keuntungan dari merokok, yang ada hanyalah banyaknya bahaya merokok yang dapat merugikan banyak aspek.  Pikirkanlah sekali lagi untuk tidak merokok, masih ada waktu untuk melepaskan diri dari rokok. Memang saat ini efek samping atau dampak negatif bagi kesehatan  belum langsung di rasakan, akan tetapi dengan semakin sering anda merokok, semakin banyak pula zat-zat ber bahaya yang menumpuk di dalam tubuh anda. Anda seperti menabung zat kotor untuk men dapatkan penyakit. Seiring dengan berjalannya waktu, pasti anda akan merasakan efek sampingnya. Ini bukanlah sebuah ancaman atau peringatan yang dibuat-buat atau sebuah karangan belaka. Bukannya menakut-nakuti tetapi ini adalah masalah serius yang harus kita sikapi dan antisipasi untuk kebahagiaan bersama. Sudah banyak kejadian yang merupakan bukti dari bahaya merokok.

Ini adalah hal penting yang wajib disadari oleh semua perokok, dan bahaya yang ditimbulkan bagi keluarga, teman dan orang disekitar.  Janganlah kita menjadi generasi penerus bangsa yang akan mati sia-sia,meng hancurkan masa depan kita hanya karena sebuah rokok. Lebih baik kita mencegah dari pada harus mengobati.

So guys, dari sekarang marilah kita untuk mengatakan no smoking. Peringatkan diri anda dan orang disekitar anda. Ayo belajar dan berhenti merokok. Ayo hidup sehat tanpa rokok, badan sehat hati senang, pikiran jernih dan lingkungan pun bebas dari polusi asap rokok. Jadilah pelajar generasi penerus bangsa yang the best untuk Negara ini.

Sekian pidato saya,semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda semua. terimakasih atas perhatiannya. Akhir kata saya ucapkan wabillahi taufik walhidayah, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan selamat sore

1 komentar:

fahmi yahya mengatakan...

wah bagus nih pidatonya

Poskan Komentar